Renungan Harian GKE ini menjadi berkat untuk Jemaat GKE dimana saja.

Rabu, 18 Juni 2014

Tidak Usah Banyak-Banyak, Sedikit Saja Tapi Ada Tuhan Bersama Kita

Rabu, 18 Juni 2014
TIDAK USAH BANYAK-BANYAK, SEDIKIT SAJA
TAPI ADA TUHAN BERSAMA KITA
Hakim-Hakim 7 : 1- 8 : 3
Oleh : Pdt. Geritona Sakti, S.Th.

“7:2 Berfirmanlah TUHAN kepada Gideon: “Terlalu banyak rakyat yang bersama-sama dengan engkau itu dari pada yang Kuhendaki untuk menyerahkan orang Midian ke dalam tangan mereka, jangan-jangan orang Israel memegah-megahkan diri terhadap Aku, sambil berkata: Tanganku sendirilah yang menyelamatkan aku.”
Syallom, ketika Gideon akan menyerang Kaum Midian, ternyata bagi Tuhan prajurit Israel untuk berperang melawan bangsa itu, masih terlalu banyak dan sangat tidak efektif. Oleh sebab itu TUHAN menegaskan untuk harus dilakukan seleksi. Dan terpilih hanya 300 orang saja. Mereka ini sengaja dipilih TUHAN melalui seleksi untuk melawan bangsa Midian. Anda bisa bayangkan, 300 orang melawan bangsa midian yang banyaknya seperti koloni belalang, yang unta-untanya bagaikan pasir di tepi laut. Dari segi hitung-hitungan diatas kertas tentu tidak sebanding. Pasti menang bangsa Midian dong…..
Tetapi, jangan lupa dengan keberadaan TUHAN di pihak Israel……maka hitung-hitungan di atas kertas bisa berbeda. Dan hal ini memang terbukti. Dengan hanya 300 orang saja, Gideon berperang melawan bangsa Midian jumlahnya luar biasa banyaknya, dan bangsa ini menang! Bangsa Midian dibikin kocar-kacir….takluk lari tunggang langgang. Itulah hebatnya posisi Bangsa Israel, mereka hebat karena ada TUHAN dipihak mereka.
Kita sering berpikir bahwa kekuatan otot, dan otak kita, atau banyaknya anggota keluarga kita, banyaknya pendukung kita adalah modal utama untuk bisa sukses mencapai segala sesuatu. Diatas kertas mungkin bisa diprediksi demikian, tetapi jangan pernah lupa bahwa sehebat-hebatnya kita dengan diri atau kaum kita, masih tidak akan bisa melawan kehendak dan Rancangan TUHAN. Sekuat-kuatnya kita, sehebat-hebatnya kita, paling lama kita bisa hidup 100 tahun….setelah itu Gim…; itu soal hidup. Beberapa pesohor yang santer diberitakan saat ini tersandung kasus korupsi dan kejahatan lainnya, saya hitung dengan seksama paling lama bertahan 10 tahun berkuasa, setelah itu kena tangkap; padahal notabene, si pesohor punya kekuatan tidak hanya dirinya sendiri pintar, kuat, tapi ada beking dari pihak oknum pejabat maupun penguasa. Sekarang aja, kasus skandal century sudah berani memanggil pesohor dan pejabat yang kita awalnya seolah kebal tidak bisa disentuh karena berada dalam lingkaran kekuasaan. Tapi setelah masa kekuasaan itu akan berakhir, satu-satu mulai dipanggil dan dijadikan saksi; tidak menutup kemungkinan nanti malah dijadikan tersangka dan terdakwa atau terhukum who knows.
Jadi pada akhirnya belajar dari peristiwa pemilihan 300 orang Israel untuk melawan orang Midian; kita disadarkan bahwa TUHAN tetap menjadi penentu kemenangan dan kesuksesan hidup kita. Bukan hebatnya Otot kita, pintar kita, banyaknya keluarga, banyaknya pendukung kita…Tuhanlah penentu utama setiap keberhasilan kita. Dan TUHAN hanya berpihak kepada orang benar, orang yang hatinya benar, yang taat dan teruji kebenaran hatinya. Sudahkah hati anda didapati benar oleh Tuhan?

Diambil dari : Facebook RENUNGAN IMAN GKE WIL. PALANGKA RAYA 
Diposkan Oleh Admin Renungan Harian Almanak Nas GKE

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Harian Almanak Nas GKE ini.