Renungan Harian GKE ini menjadi berkat untuk Jemaat GKE dimana saja.

Kamis, 10 Oktober 2013

Berbahagia Menurut Konsep Firman Tuhan

Kamis, 10 Oktober 2013
BERBAHAGIA MENURUT KONSEP FIRMAN TUHAN
Lukas 11:27-28

"Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau. Tetapi Ia berkata: Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya." Lukas 11:27-28

Setiap manusia, baik pria, wanita, tua, muda, memiliki konsep dan cara pandang tersendiri tentnag arti "BAHAGIA". Ada beberapa arti/jenis bahagia dalam Akitab terjemahan bahasa Inggris, yaitu : "happy" = bahagia, "joy" = sukacita, "prosperity" = makmur, "blessed" = diberkati, dll.

Kata "bahagia" yang dipakai yang dipakai dalam Lukas 11:27-28 menurut terjemahan NKJV (New King James Version), adalah "blessed", artinya diberkatilah. Dan ada kata "more than" yang artinya "lebih". Jadi ayat tersebut harusnya diterjemahkan kira-kira demikian : "Yang lebih diberkati ialah yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya." Seorang wanita dalam ayat di atas mempunyai konsep tersendiri tentang kebahagiaan. Waktu dulu bila seorang anak dibesarkan dan menjadi sukses dan terpandang, maka ibu itu dianggap oran gyang berbahagia karena memiliki anak yang sukses dan terkenal.

Secara umum, standar bahagia (baca Mazmur 144:12-15), terdiri dari 3 faktor :
1. Berkat Keluarga
2. Berkat Ekonomi (kecukupan)
3. Berkat Keamanan (pemeliharaan)

Tapi Yesus menegaskan bahwa "yang lebih berbahagia ialah mereka yang mendengarkan Firman Allah dan yang memeliharanya". Bahagia di sini ialah blessed=diberkati. (Dalam Alkitab bahasa Indonesia kata "lebih" tidak ada, tetapi terjemahan aslinya ada). Menurut Firman Tuhan konsep berbahagia tidak sekedar 3 faktor tadi; tetapi dinista karena nama Kristus, juga berbahagia. 1 Petrus 4:14. Dalam Yakobus 1:2, berbahagia jika jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. Miskin dihadapan Allah (Lukas 6:21) juga diberkati atau berbahagia. Dihadapan Allah, miskin atau kaya tidak menjadi soal. Jemaat Makedonia, sangat miskin, tapi kaya dalam kemurahan/memberi (1 Korintus 8:2). Seorang janda yang memberi persembahan sebesar 2 peser, tapi Yesus memuji dia. Dibenci karena Yesus (Lukas 6:22) termasuk golongan orang diberkati.
Jadi konsep kebahagiaan menurut Firman Allah lebih luas dari kebahagiaan dalam konsep logika dan tradisi kemanusiaan. Wahyu 1:3, berbahagialah mereka yang :
1. membaca firman Tuhan
2. mendengarkan firman Tuhan
3. menuruti firman Tuhan

Menuruti firman Tuhan itu adalah suatu tindakan mutlak. Tidak boleh ditawar-tawar. Meskipun bertentangan dengan akal pikiran atau logika manusia, tapi kita harus taat. Itulah yang berbahagia, malah lebih berbahagia, lebih diberkati. Puji Tuhan.

Diposkan Oleh Admin Renungan Harian Almanak Nas GKE

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Harian Almanak Nas GKE ini.