Renungan Harian GKE ini menjadi berkat untuk Jemaat GKE dimana saja.

Jumat, 11 Oktober 2013

Menanti Janji

Jumat, 11 Oktober 2013
MENANTI JANJI
Lukas 7:18-35
Oleh : Pdt. Tom Chandra, STh.

Tuhan Yesus dan Yohanes Pembaptis adalah dua pribadi yang sama-sama tahu akan tugas dan tanggung jawabnya. Mereka saling melengkapi dan mendukung tepat seperti apa yang telah dinubuatkan oleh Nabi Yesaya dan Nabi Maleakhi. Keduanya pernah saling berbagi komentar tentang pribadi masing-masing. Nats kita hari ini menjelaskan bagaimana Yohanes Pembaptis mengirim dua muridnya untuk menemui Tuhan Yesus dan menanyakan apakah Dia yang memang dinantikan atau orang lain? Tuhan Yesus bukan malah menjawab namun kembali mengirim pertanyaan kepada Yohanes Pembaptis tentang pekerjaan dan pelayanan-Nya (ayat 22 dan 23).

Bangsa Yahudi meyakini akan hadirnya Juruselamat (Mesias) yang akan menjadi pahlawan perang sekaligus tokoh politik yang membebaskan bangsa dan tanah air mereka dari cengkraman Romawi. Kriteria ini memang ada pada diri Tuhan Yesus tetapi selanjutnya belum memuaskan sampai kepada Yohanes Pembaptis bahkan bagi pemuka agama Yahudi Tuhan Yesus dianggap musuh yang mengancam eksistensi pelayanan mereka. Sehingga akhirnya kedua tokoh ini disingkirkan oleh pemuka agama Yahudi. Yohanes Pembaptis memilih meyakini bahwa Yesuslah Mesias yang dinantikan itu. Sebaliknya pemuka agama Yahudi tetap bersikukuh menentang ke-Mesiasan Yesus. Untuk memahami segala nubuat para nabi yang merujuk pada ke- Mesias Yesus yang dijanjikan itu, kita harus memiliki hikmat sebagaiman yang dikatakan Tuhan Yesus sendiri pada ayat 35 dalam nats kita hari ini.

Tiga hal yang dapat kita pelajari. Pertama, pro dan kontra tentang ke-Mesiasan Yesus masih eksis hingga kini, sebagai orang Kristen kita tidak perlu kecewa dan larut dalam perdebatan yang panjang. Kedua, jika saudara-saudara ingin membantu menjelaskan siapa Yesus dan apa yang dilakukan-Nya sehingga kita dapat memuridkan orang untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya kita dapat diperlengkapi dengan pelatihan EE (Evangelism Exploision). Jika berminat mintalah informasi mengenai EE di resort dan jemaat masing-masing. Ketiga, amanat agung dalam Matius 28 : 18 – 20 yang diperintahkan Tuhan Yesus masih sama, kita tidak hanya sekadar orang Kristen saja tetapi juga murid-Nya yang harus menceritakan ajaran guru kita tentang jalan dan kebenaran dan hidup-Nya. Dia sudah memenuhi janji-Nya bagian kitalah yang masih dinanti-Nya, kapan?

Diposkan Oleh Admin Renungan Harian Almanak Nas GKE

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Harian Almanak Nas GKE ini.