Renungan Harian GKE ini menjadi berkat untuk Jemaat GKE dimana saja.

Sabtu, 12 Oktober 2013

Sejauh Mana Kesadaran Kita Akan Berkat Allah?

Sabtu, 12 Oktober 2013
SEJAUH MANA KESADARAN KITA AKAN BERKAT ALLAH?
Mazmur 65:1-14
Oleh : Pdt. Tom Chandra, STh.

Berkat Allah biasanya kita terima pada penghujung ibadah baik di gereja maupun di tempat lainnya. Kita sungguh-sungguh mempersiapkan diri dengan menutup mata, menahan nafas, mempercayai kalimat demi kalimat yang diucapkan pendeta sampai kita menyambutnya dengan nyanyian amin amin amin secara bersamaan. Saat itulah perasaan kita lega betapa kita merasa sudah menerima berkat Allah. Kalau demikian hanya setiap ibadah sajakah kita menerima dan merasakan Berkat Allah?

Mazmur Raja Daud pada fasal 65 ini menyadarkan kita betapa nyatanya Berkat Allah itu. Berkat Allah tidak hanya sekadar ritual-ritual yang kita dengar dari kitab suci saja. Berkat Allah sudah tercipta, terpatri berupa alam semesta yang menopang dan menyangga kita sehari-hari. Daud berbicara tentang alam semesta ini pada ayat 7 sampai 11, 13 dan 14. Kelangsungan hidup kita sangat bergantung pada diri alam semesta ini. Pada ayat 12 Daud berbicara betapa Allah lah yang menggagas waktu dan memberkatinya baik; detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun-tahun segala ciptaan-Nya. Lalu bagaimanakah sikap kita? Ayat 1 sampai ayat 6 akan membantu kita menghargai Allah yang telah berbuat banyak.

Apa yang dapat kita renungkan melalui Firman Tuhan hari ini? Tuhan Allah sudah memberikan secara cuma-cuma dengan limpahnya alam semesta ini kepada kita. Tuhan Allah tidak wajib memberi tapi Dia mau memberi, kita pun tidak punya hak untuk menerima tapi kita sudah menerima. Karena itu setiap Berkat Tuhan yang kita terima melalui ibadah-ibadah juga merupakan ‘penugasan’ kepada kita untuk memelihara alam semesta ini. Jadi, jika kita menerima Berkat Tuhan tapi tidak berbuat banyak untuk kebaikan alam semesta ini perlu dipertanyakan.

Diposkan Oleh Admin Renungan Harian Almanak Nas GKE

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Harian Almanak Nas GKE ini.