Renungan Harian GKE ini menjadi berkat untuk Jemaat GKE dimana saja.

Rabu, 09 Oktober 2013

Kita adalah Ciptaan Baru

Rabu, 09 Oktober 2013
KITA ADALAH CIPTAAN BARU
2 Korintus 5:11-21

 “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” 2 Korintus 5:17

Sifat dasar manusia pada waktu menerima Tuhan Yesus adalah sifat manusia yang telah jatuh dalam dosa, yaitu sifat yang dimiliki oleh Iblis. Manusia tela memperoleh dari setan ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, dan tidak ada seorang manusia pun yang mampu untuk mengubah sifat dosa itu kecuali Tuhan sendiri. Pada saat kita mengalami kelahiran baru, ada sesuatu yang terjadi di dalam diri kita, di mana Roh Kudus masuk dalam diri kita dan roh setan itu pun keluar dari dalam diri kita.

Sejak itulah Tuhan menciptakan diri kita menjadi suatu mahluk yang benar-benar baru; manusia baru sepenuhnya di dalam Yesus Kristus. Dikatakan bahwa ‘yang lama telah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang’. Kapan kita memperoleh yang baru? Ialah bila kita tidak lagi memikirkan hal-hal yang lama. Benih untuk hal-hal yang baru adalah kematian hal-hal yang lama.

Berbahaya sekali jika kita tetap merasa ‘nyaman’ dengan perkara kedagingan, padahal firmanNya menyatakan bahwa kita harus mematikan segala sesuatu yang duniawi (baca Kolese 3:5), dan meninggalkan masa lalu termasuk tradisi nenek moyang kita. Di dalam Yesus 43:18-19 dikatakan, “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya?”.

Seringkali waktu kita terbuang dengan sia-sia karena kita telah memikikan masa lalu, bukannya fokus dan mengimani kemenangan-kemenangan yang ada di depan kita. Salah satu contoh: kita berusaha mendapatkan benih-benih baru dalam hal keuangan; maka untuk melihat hat-hal yang baru itu sesuatu harus mati, yaitu kita harus mati terhadap cinta uang dan terhadap kebiasaan menunda-nunda perpuluhan, yang akhirnya lupa kita persembahkan kepada Tuhan.

Mari memandang diri kita sebagaimana Allah memandang diri kita did alam Kristus Yesus. KebenaranNya kita telah mengubah citra diri kita. Perhatikan! Iblis seringkali mendakwa dan mengintimidasi kita dengan mengungkit dosa-dosa kita di masa lalu, akibatnya kita menjadi mudah lemah dan kian terpuruk.

Diposkan Oleh Admin Renungan Harian Almanak Nas GKE
Sumber : http://saatteduh.wordpress.com/2008/10/27/kita-adalah-ciptaan-baru/

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Harian Almanak Nas GKE ini.